Powered By Blogger

Minggu, 14 Juli 2013

Konferensi LMND Ekskutif Kota Kupang Ke VIII




Konferensi LMND Eksekutif Kota Kupang dilaksanakan pada hari Jumat 12 Juli s/d Minggu 14 Juli 2013 bertempat di sekretariat LMND Jl. Belimbing (samping stadion merdeka). Konferensi LMND Eksekutif Kota Kupang ke VIII mengusung tema Belajar Bersatu Dan Berjuang Untuk Indonesia Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian” .
 
Ketua panitia pelaksana (BENI ULU) mengatakan bahwa Konferensi LMND VIII EK Kupang kali ini di hadiri oleh peserta penuh (anggota LMND  Eksekutif Kota Kupang dan peserta peninjau dari EW NTT) yang berjumlah sekitar 30-an orang. Ulu mengatakan apresiasi yang sepenuhnya kepada seluruh anggota LMND yang turut berpartisispasi dalam konferensi ini. sementara itu ketua LMND Wilayah NTT yang di wakili oleh Sekretaris (Stevano Oleivera) mengatakan hal yang terpenting KOMFERKOT ini adalah evaluasi kinerja pengurus 2012-2013 serta menentukan prgamatik perjuangan dan penempatan kawan untuk  struktur Eksekutif Kota KUPANG PERIODE 2013-2014.

Konferensi LMND Eksekutif Kota Kupang di buka langsung oleh ketua LMND EK Kupang periode 2012/2013 Satriawan Umbu Delu. Sebelum mengkhiri Tugasnya sebagai Ketua Umum LMND Kota Kupang, dalam sambutan orasi politiknya Umbu Delu menegaskan” perkuat semangat kobaran api membara sesuai dengan amanat perjuangan rakyat dari tridarma menuju trisakti dan juga Umbu Delu mengkritisi bahwa pemerintahan sejak Orde Baru sampai sekarang ini belum mampu menjalankan amanat pancasila dan UUD 1945 oleh karena itu LMND EK Kupang harus berjuangan secara nasional maupun daerah bersama Buruh, Nelayan, Petani, Kaum Miskin Kota dan Mahasiswa untuk mewujudkan  Indonesia Yang Berdaulat Secara Politik, Mandiri Dalam Ekonomi Dan Berkepribadian dalam Berbudaya” .”.  

Hasil dari Koneferensi LMND EK Kupang Untuk menjawab persoalan (ekonomi, sosial, politik dan budaya) di Kota Kupang sesuai dengan rekomendasi dari Situasi Daerah Kota Kupang maka direkomendasikan program tuntutan LMND EK Kota Kupang sebagai berikut: 

1.      Bahwa untuk menjawab persoalan pengangguran di kota kupang maka program tuntutan LMND kepada Pemerintah adalah membangun Industrialisasi Lokal Untuk Penyediaan Lapangan Kerja Bagi Rakyat .
2.     Bahwa untuk menjawab persoalan korupsi, minimnya akses publik (Kesehatan, pendidikan, ekonomi) maka Program Tuntutan LMND adalah Transparansi Keuangan Daerah Kepada Publik (Kip/ Kerterbukaan Informasi Publik).
3.     Bahwa persoalan lain seperti buruknya pelayanaan publik maka program tuntutan LMND adalah Demokratisasi Di Bidang (Pendidikan, Pemerintahan).
4.    Bahwa minimnya anggaran untuk publik maka program tuntutan LMND adalah Efisiensi Biaya Birokrasi Seperti Pengurangan Gaji DPRD dan Pengurangan Biaya Perjalanan Pejabat Pemerintah Untuk Mensubsidi Pendidikan Dan Kesehatan Gratis.
5.     Bahwa untuk mewujudkan kesejahteraan buruh maka program perjuangan LMND adalah Realisasikan Upah Layak Regional/  Upah Pendapatan Minimum.
6.    Bahwa untuk mewujudkan kesejahteraan bagi pedagang, petani maka program tuntutan LMND adalah Standarisasi Harga.
7.     Bahwa untuk menjawab persoalan transportasi di Kota Kupang yang hingga semakin maraknya armada swasta di Kota Kupang maka program tuntutan LMND adalah Penyediaan Transportasi Masal Bagi Rakyat Kota Kupang.
8.     Bahwa kondisi pasar tradisional di Kota Kupang yang semakin buruk pengelolaannya maka program tuntutan LMND adalah Pengelolaan Pasar Secara Kolektif, Bangun Infrakstruktur (Penyediaan Tempat Pasar Yang Nyaman Bagi Pedagang).
9.    Bahwa Pedagang Kaki Lima yang selalu menajadi korban (penggusuran) saat program pemerintahan tentang penataan kota Kupang  maka program tuntutan LMND adalah penyediaan gerobak berjalan bagi PKL.
10. Bahwa persoalan RSUD Yohanes Kupang maka program tuntutan LMND adalah Peningkatan (Kualitas dan Kuantitas) Tenaga Medis dan Fasilitas Kesehatan.
11.     Bahwa implementasi demokrasi yang sedang berlangsung tidak pernah menjawab persoalan dan kebutuhan rakyat seperti musrembang maka itu LMND memiliki program tuntutan yakni Mendemokratisasikan Musrembang Atau Membentuk Dewan Rakyat Sehingga Rakyat Dapat Berparrtisipasi Dalam Pembicaraan Anggara)

Selain program tuntutan diatas, dalam Konferensi LMND Eksekutif Kota Kupang juga memilih pengurus LMND Eksekutif Kota Kupang Periode 2013/2014 untuk menjalankan amanah konggres nasional dan konferensi Kota selama periode kepengurusan satu tahun.


Nama-nama pengurus LMND Eksekutif Kota Kupang Periode 2013/2014 yaitu
1.         Ketua Eksekutif Kota Kupang yaitu Aprianus Hale (Bung Jofan Hale) dari Kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang ( Jurusan Tanaman Pangan dan Hortikultura), asal daerah Kabupaten Belu.
2.       Sekretaris Eksekutif Kota Kupang yaitu Markus Akulas (Bung Marco) dari kampus PGRI Kupang (Jurusan FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia), asal daerah Kabupaten Kupang.
3.       Ketua Departemen Pendidikan dan Kaderisasi yaitu Benediktus Ulu (Bung Beni) dari Kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang ( Jurusan Peternakan), asal daerah Kabupaten Belu.
4.       Ketua Departemen Koran dan Bacaan yaitu Kristoforus F. Deru (Bung Itto) dari Kampus PGRI Kupang (Jurusan FKIP PJKR), asal daerah Kabupaten Ende.
5.       Ketua Departemen Pengembangan Organisasi, Perempuan dan Advokasi Massa yaitu Agustinus G. Ate (Bung Agus) dari Kampus PGRI Kupang (Jurusan FKIP Bahasa dan Sastra Indonesia), asal daerah Kabupaten Sumba Barat Daya.
6.       Ketua Departemen Dana dan badan Usaha yaitu Alexander Bria (Bung Alex) dari Kampus dari Kampus Politeknik Pertanian Negeri Kupang ( Jurusan Peternakan), asal daerah Kabupaten Malaka.
Struktur kepengurusan LMND Eksekutif Kota Kupang tersebut di pilih secara musyawarah untuk mufakat dengan melihat berbagai aspek. Salah satu aspek yang dipertimbangkan  yaitu suku, agama dan ras (SARA) sehingga kepengurusan LMND Eksekutif Kupang dapat mewakili aspek SARA tersebut.
Ketua Umum LMND Eksekutif Kota Kupang Terpilih Aprianus Hale yang akrabnya di kenal Jofan Hale mengatakan bahwa yang terpenting untuk mengembangkan LMND Kota Kupang ke Depan Yaitu Pertama, Semua Anggota LMND Kota Kupang diharuskan agar dapat bekerja keras dalam menyadarkan masyarakat NTT khususnya Kota Kupang agar sadar akan ketertindasan dan segera bersama-sama untuk berjuang demi kesejahteraan Masyarakat Kota Kupang. Kedua : Dalam Organisasi Gerakan Seperti LMND, maka yang terpenting adalah Kolektivitas anggota dalam LMND sehingga dapat berjuangan bersama demi mencapai apa yang diharapkan LMND. Ketiga : LMND Kota Kupang akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperjuangkan semua tuntutan yang telah ditetpkan dalam program tuntutan oleh karena itu dibutuhkan kerja sama dengan kawan-kawan dari Organisasi lain, baik tingkatan lokal maupun nasional demi merealisasikan prgram program tersebut. Ayo...Buruh, Tani, Kaum Miskin Kota dan Semua Teman-Teman Mahasiswa, Bersatulah untuk kita sama-sama berjuangan melawan segala penindasan yang ada di Indonesia Khusunya di NTT atau di Kota Kupang" Salam perjuangan tuk semuanya.


Oleh : Itho Deru ( Ketua Departemen Koran Dan Bacaan LMND EK Kupang )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar